Kegiatan Posyandu Bersama Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus

Posyandu merupakan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan masyarakat dan memberikan kemudahan memperoleh layanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Kegiatan utama posyandu meliputi kesehatan ibu dan anak, gizi, imunisasi, KB dan penanggulangan diare.

Pelaksanaan Posyandu di Desa Ngemplak Kidul dilaksanakan rutin setiap akhir bulan. Dikarenakan bersamaan dengan Acara sedekah bumi dan Haul Syekh Ronggo Kusumo maka kegiatan posyandu diadakan di awal bulan. Kegiatan Posyandu pada bulan September kali ini dibantu oleh mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus. Dibuka mulai pukul 08.00-selesai, Selasa (14 September 2021).

Syariatun Ni’mah yang akrab dipanggil Ni’mah sebagai salah mahasiswa KKN yang mengikuti kegiatan posyandu di Desa Ngemplak Kidul mengatakan “Kegiatan Posyandu ini merupakan kegiatan posyandu yang pertama kali saya ikuti, jadi banyak pengalaman yang saya dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini, karena banyak bayi dan balita yang ditangani kader posyandu menangis ketika ditimbang dan diukur tinggi badannya”.

Salah satu kader posyandu ibu Rubiati merasa senang dengan kedatangan mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus karena merasa terbantu sekali setiap kali kegiatan posyandu dilaksanakan. “Kegiatan posyandu dilaksanakan rutin setiap sebulan sekali, namun tempat pelaksanaan kegiatan posyandu bertempat pada 9 pos posyandu yakni kusuma 1 sampai 9, yang diadakan secara bergilir, jadi dengan adanya para mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus ini sangat membantu ketertiban pelaksanaan Kegiatan Posyandu” ungkap ibu Rubiati.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan