Sedakah Bumi Desa Ngemplak Kidul Sebagai Wujud Rasa Syukur

Sedekah bumi merupakan salah satu bentuk kearifan lokal Desa Ngemplak Kidul, Margoyoso, Pati yang tetap lestari hingga saat ini. Sedekah bumi merupakan salah satu bentuk syukur warga Desa Ngemplak Kidul atas hasil bumi yang selama ini telah dihasilkan. Perayaan sedekah bumi setiap Desa memiliki keunikan masing-masing, salah satunya di Desa Ngemplak Kidul.

Sedekah bumi yang diadakan hari Rabu, 14 September 2021 di Desa Ngemplak Kidul ini dimulai dengan pentas seni barongan dengan mengelilingi desa Ngemplak Kidul. Kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama dan pembagian nasi berkat dipimpin oleh sesepuh desa di balai Desa Ngemplak Kidul. Nasi berkat warga setempat menyebutnya, di buat oleh warga desa Ngemplak Kidul yang kemudian dikumpulkan di Balai Desa.

Sedekah bumi juga dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian acara Khoul Syekh Ronggo Kusumo yang merupakah tokoh penyebar agama islam di Desa Ngemplak Kidul. Warga Desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat antusias dibuktikan dengan kehadiran warga setempat dan sekitarnya yang cukup banyak walaupun masih pandemi, tapi semua kegiatan dilaksanakan secara tertib dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup baik.

Biasanya sedekah bumi ini akan berlangsung sampai satu bulan kedepan yang isinya pegelaran wayang, ketoprak, dangdut yang diadakan oleh setiap RT di Desa Ngemplak Kidul. Namun selama pandemi pagelaran wayang, ketoprak, dan dangdut ini ditiadakan untuk mengurangi kerumunan.

 Tim KKN-IK IAIN Kudus 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan